Cara Memanfaatkan Produktivitas Karyawan Gen Z

Fahma Ardiana

0 Comment

Link
Pembahasan mengenai cara memanfaatkan produktivitas pada karyawan gen Z yang bisa dilakukan oleh manager-manager perusahaan.
=

Cara Memanfaatkan Produktivitas Karyawan Gen Z – Gen Z sedang tumbuh dewasa. Banyak dari mereka yang bukan lagi siswa sekolah menengah yang melakukan tantangan menari di Tiktok, tetapi menjadi profesional muda yang siap bekerja.

Generasi ini sangat ambisius. Generasi Z mencantumkan menghasilkan uang dan memiliki karier yang sukses sebagai dua prioritas utama mereka.

69% Gen Z menganggap mengejar karier sangat penting, yaitu 10% lebih banyak dari angka yang sama untuk Generasi Milenial.

Di tahun-tahun mendatang, semakin banyak perusahaan akan menyambut Generasi Z sebagai generasi baru tenaga kerja di seluruh dunia.

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Karyawan Gen Z?

Sebelum beralih ke kiat-kiat produktivitas praktis, mari kita cermati lebih dekat apa yang membuat pekerja Gen Z unik dan berbeda dari generasi karyawan lainnya.

1. Daya saing

Gen Z tumbuh dalam lingkungan sosial yang sangat dinamis dan berorientasi pada kesuksesan. Hal ini menjadikan Gen Z sebagai karyawan yang kompetitif secara alami.

Mereka menikmati persaingan yang sehat di tempat kerja dan mendorong mereka untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

2. Kesadaran teknologi

Gen Z adalah generasi yang paling paham teknologi, mereka telah menikmati koneksi internet nirkabel dan telepon pintar sejak mereka masih anak-anak.

Itulah sebabnya pekerja Zoomer menghargai teknologi modern sebagai bagian penting dari tempat kerja.

3. Kemandirian

Karyawan Gen Z tidak ingin terus-menerus dibimbing atau diawasi secara ketat di tempat kerja. Mereka ingin membangun kemandirian mereka sebagai profesional dan menemukan solusi untuk tantangan pekerjaan.

4. Multitasking

Gen Z hebat dalam menangani beberapa tugas pada saat yang bersamaan. Meskipun rentang perhatian mereka lebih pendek, mereka dapat tetap fokus dan beralih di antara tanggung jawab dengan cepat.

Baca Juga :  5 Ide Bisnis Makanan Modal Minin yang Cocok untuk Pemula,

5. Kemampuan belajar dengan cepat

Karyawan Gen Z bersemangat untuk belajar dan berkembang di dalam dan di luar tempat kerja. Semua kualitas ini menjadikan Gen Z pekerja hebat yang mendekati pekerjaan dengan antusiasme dan dedikasi.

Cara Memanfaatkan Produktivitas Karyawan Gen Z

Banyak cara memanfaatkan produktivitas pada karyawan gen Z yang bisa dilakukan.
Banyak cara memanfaatkan produktivitas pada karyawan gen Z yang bisa dilakukan.

Dengan memanfaatkan karakteristik ini, Anda dapat membantu karyawan Gen Z Anda menjadi lebih produktif. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai!

1. Manfaatkan Teknologi Modern

Tidak ada yang lebih baik daripada solusi teknologi cerdas untuk meningkatkan produktivitas karyawan Gen Z.

Mereka tidak terlalu menyukai tugas kerja manual atau proses tempat kerja yang tidak efisien, karena Gen Z tahu mungkin ada beberapa perangkat lunak atau alat hebat di luar sana untuk mengoptimalkannya.

Jadi manfaatkan teknologi yang relevan dengan operasi perusahaan Anda, itu akan langsung membuahkan hasil.

2. Berikan Pelatihan Berkelanjutan bagi Karyawan

Karyawan Gen Z menghargai kesempatan belajar di tempat kerja. Ini adalah cara yang sangat baik untuk memotivasi mereka agar bekerja lebih efisien dan bertahan di perusahaan Anda dalam jangka panjang.

Pertama dan terutama, berinvestasilah dalam orientasi yang berkualitas bagi karyawan Gen Z Anda.

Sangat penting untuk memberi mereka sumber daya dan pengetahuan utama sedini mungkin untuk memfasilitasi produktivitas.

 

Anda dapat, misalnya, menyediakan bantuan pekerjaan infografis langkah demi langkah untuk menjelaskan suatu proses guna mengingatkan karyawan cara menyelesaikan tugas.

Tingkatkan prosedur orientasi Anda untuk memprioritaskan transfer pengetahuan yang efektif. Namun, hanya itu yang dapat Anda lakukan untuk mendorong produktivitas di antara karyawan Gen Z.

Berinvestasilah dalam pelatihan dan pendidikan karyawan, para profesional muda ingin tumbuh dan memperluas keahlian mereka untuk bekerja lebih baik.

 

Mereka terutama memprioritaskan keterampilan kepemimpinan dan keterampilan lunak. Karyawan Gen Z Pikirkan kursus, program, dan lokakarya yang dapat Anda selenggarakan bagi karyawan Anda.

Baca Juga :  Sikap Positif Gen Z yang Patut Dicontoh dalam Lingkungan Kerja

Mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Pertimbangkan kesempatan belajar di luar keahlian atau keahlian langsung karyawan Anda.

Anda dapat sesekali mengadakan seminar kesehatan mental atau bahkan kelas master melukis cat minyak.

3. Tetapkan Sasaran dengan Cara Cerdas

Bukan rahasia lagi bahwa penetapan sasaran yang tepat adalah kunci untuk tempat kerja yang produktif.

Karyawan Gen Z adalah pekerja yang sangat berorientasi pada sasaran. Pastikan Anda mengembangkan strategi tempat kerja yang jelas untuk karyawan muda Anda.

Tetapkan dua jenis sasaran:

– Sasaran yang lebih luas

Ini adalah sasaran jangka panjang yang dapat membantu tim Anda memahami gambaran besar rencana pertumbuhan perusahaan.

– Sasaran cerdas

Untuk sasaran yang satu ini menawarkan rencana tindakan jangka pendek yang jelas bagi karyawan. Idealnya, sasaran cerdas membantu mencapai sasaran yang lebih luas jangka panjang.

Setiap karyawan harus melihat bagaimana kinerja mereka berkontribusi pada proses ini.

 

4. Tetapkan Komunikasi dan Transparansi Umpan Balik

Gen Z menghargai komunikasi tempat kerja yang langsung dan efisien. Yang terpenting, ini relevan dengan pemberian umpan balik.

5. Rayakan Prestasi Mereka

Satu cara lagi untuk membantu karyawan Gen Z Anda menjadi lebih produktif adalah dengan merayakan keberhasilan mereka dalam peran mereka di perusahaan Anda.

 

Jadikan pujian atas kerja baik mereka sebagai kebiasaan rutin. Anda dapat melakukannya secara langsung atau memulai acara cabang/perusahaan rutin untuk merayakan prestasi tim Anda.

Lakukan lebih dari sekadar tradisi lama “karyawan terbaik bulan ini”. Pikirkan cara baru yang menarik untuk memberi insentif kepada karyawan Anda.

Bisa berupa fasilitas perusahaan, langganan sumber daya daring yang berharga, atau kupon belanja daring di situs web eCommerce populer, apa pun yang menurut Anda relevan dengan pekerja muda Anda.

Baca Juga :  Resep Americano Seperti di Kafe

Penghargaan dan insentif tambahan ini tidak akan menghabiskan banyak anggaran perusahaan Anda, tetapi pasti akan memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih produktif.

Gen Z menghargai pujian dan pengakuan, terutama jika itu diperoleh dengan kerja keras dan memang pantas.

Itulah dia pembahasan mengenai cara memanfaatkan produktivitas pada karyawan gen Z yang bisa dilakukan oleh manager-manager perusahaan. Semoga membantu! (Fahma Ardiana)

Share:

Related Post

Leave a Comment