Manfaat Utama Pre-Order bagi Peritel

Fahma Ardiana

0 Comment

Link
Artikel kali ini membahas mengenai beberapa manfaat utama pre-order yang sangat menguntungkan bagi para peritel.
=

Manfaat Utama Pre-Order – Di dunia media sosial dan pasar digital saat ini, pelanggan menginginkan akses ke produk-produk terbaru di pasaran bahkan sebelum stoknya tersedia.

Banyak peritel merespons permintaan ini dengan menerima Pre-Order, pesanan yang dilakukan untuk inventaris di masa mendatang.

Pre-Order memungkinkan pelanggan untuk memesan produk sebelum tersedia, yang dapat membangun eksposur produk dan menciptakan hype seputar produk yang “akan segera diluncurkan”.

 

Riset menunjukkan bahwa lebih dari seperempat (28%) Pre-Order dilakukan tepat pada hari produk tersebut tersedia di pasaran.

Meskipun konsep ini mungkin terdengar sederhana, Pre-Order dapat menyebabkan masalah besar bagi peritel tanpa sistem manajemen yang tepat.

Namun, jika dilakukan dengan benar, Pre-Order dapat menjadi alat yang ampuh untuk mendorong penjualan dan loyalitas merek jangka panjang.

 

Dalam blog ini, kami akan membahas manfaat utama Pre-Order dan cara mengoptimalkan strategi manajemen pre-order Anda.

4 Manfaat Utama Pre-Order bagi Peritel

Banyak peritel merencanakan inventaris mereka untuk beberapa musim dan melakukan pemesanan pembelian dalam jumlah besar sekaligus.

Meskipun pengiriman mungkin baru tiba selama berbulan-bulan. Karena mereka sudah tahu produk apa yang akan datang, peritel memiliki peluang untuk memanfaatkan waktu ini dengan melakukan Pre-Order pada inventaris mendatang.

 

Banyak peritel yang berpikiran maju telah mengadopsi Pre-Order sebagai cara untuk menentukan minat pelanggan terhadap produk yang belum dirilis. Manfaat Pre-Order meliputi:

1. Peramalan Permintaan

Biasanya, peritel memperkirakan permintaan berdasarkan kinerja historis. Namun, ketika peritel ingin memperkenalkan lini produk baru, mereka dapat menggunakan strategi pre-order untuk meluncurkan sampel secara bertahap dan menentukan minat pelanggan terhadap koleksi baru tersebut sebelum melakukan investasi yang signifikan.

Demikian pula, melakukan Pre-Order membantu peramalan permintaan untuk produk musiman. Beberapa peritel menghasilkan sebagian besar pendapatan mereka dari musim atau kuartal tertentu karena liburan, iklim, atau faktor temporal lainnya.

Baca Juga :  5 Usaha Sampingan yang Menjanjikan Untung Berlimpah

Dalam kasus ini, memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang musiman yang mendorong lonjakan permintaan secara tiba-tiba bisa sangat menantang.

Para pedagang ini terkadang memilih gaya produk tertentu dari satu musim dan menciptakan produk serupa untuk musim berikutnya guna menghasilkan pendapatan berulang dari produk musiman berkinerja tinggi.

 

Sementara itu, peritel dapat memanfaatkan celah antara kedua musim tersebut dengan menerima Pra-Pemesanan dan memulai produksi.

Pra-Pemesanan membantu peritel memperkirakan permintaan secara lebih akurat untuk peluncuran produk baru, yang memungkinkan mereka membuat keputusan produk dan inventaris yang lebih cerdas serta menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan.

2. Alokasi Inventaris yang Lebih Baik

Beberapa manfaat utama pre-order yang sangat menguntungkan.
Beberapa manfaat utama pre-order yang sangat menguntungkan.

Dengan menerima Pra-Pemesanan, peritel dapat mengalokasikan jumlah inventaris yang tepat ke toko-toko yang ditunjuk dan mengoptimalkan operasi e-commerce dengan tingkat penjualan yang lebih tinggi.

Wawasan dari perilaku pembelian pra-pemesanan pelanggan dapat meningkatkan manajemen inventaris dengan mengalokasikan inventaris secara lebih akurat berdasarkan penjualan online dan di toko.

Misalnya, wilayah dengan penjualan pra-pemesanan tertinggi kemungkinan akan memiliki permintaan pesanan reguler yang lebih tinggi, sehingga toko-toko di wilayah tersebut seharusnya menerima lebih banyak inventaris.

Manfaat utama pra-pemesanan adalah kemampuan peritel untuk memprediksi tingkat permintaan di wilayah geografis, yang membantu alokasi inventaris yang lebih baik.

Alokasi inventaris yang akurat ke lokasi utama juga meningkatkan kinerja setiap toko, gudang, dan wilayah.

3. Arus Kas yang Konsisten

Peritel memproduksi/mengadakan barang berdasarkan permintaan musiman. Biasanya, peritel akan merencanakan seluruh kalender untuk setahun dan mengirimkan pesanan pembelian terlebih dahulu.

 

Namun, strategi ini dapat mengakibatkan siklus produksi yang terikat selama dua hingga tiga bulan. Hal ini juga dapat menimbulkan masalah arus kas bagi peritel skala kecil hingga menengah.

Baca Juga :  Ide Bisnis Jualan Makanan dengan Modal Kecil Tapi Menguntungkan

Dengan Pra-Pemesanan, SKU yang seharusnya menghasilkan uang tunai ketika persediaan tersedia kini dapat menghasilkan uang tunai di muka sebagai Pra-Pemesanan.

Uang tunai ini kemudian dapat digunakan dalam perencanaan inventaris dan produksi. Pelanggan setia suatu merek biasanya bersedia menunggu untuk menerima produk jika mereka dapat mengamankan pembelian lebih awal selama pra-penjualan.

Dengan menerima Pra-Pemesanan, peritel dapat menghasilkan arus kas yang lebih konsisten, mengurangi risiko dan menyediakan lebih banyak stabilitas serta sumber daya untuk produksi dan penjualan.

4. Peningkatan Kecepatan Penjualan dan Pengurangan Diskon

Ketika peritel perlu menyingkirkan inventaris yang tidak sesuai musim, berkinerja buruk, atau kelebihan alokasi, mereka sering kali menjual produk-produk tersebut dengan harga diskon dan mengurangi margin keuntungan mereka.

Manfaat utama pra-pemesanan lainnya adalah kemampuan untuk menjual inventaris yang belum tiba. Setelah inventaris tiba, peritel kemudian dapat menerima pesanan rutin untuk produk yang sama.

Hal ini menciptakan alur produk yang lebih cepat dan lebih lancar. Hal ini juga mengurangi diskon di akhir musim dan dapat membantu mengurangi jejak karbon perusahaan. (Fahma Ardiana)

Share:

Related Post

Leave a Comment