Pengertian Mengelola Keuangan dan Peran Orang yang Melakukannya

Posted on
=

Soninfo.id – Mengelola keuangan adalah proses pengaturan, pengawasan, dan pengambilan keputusan terkait dengan penggunaan serta pengalokasian dana dan sumber daya keuangan secara efisien dan efektif. Hal ini meliputi perencanaan anggaran, pengeluaran, investasi, dan manajemen risiko untuk mencapai tujuan keuangan individu atau organisasi.

Orang yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan disebut sebagai manajer keuangan atau financial manager. Peran mereka sangat vital dalam menjaga kesehatan finansial, baik itu dalam skala individu, perusahaan, atau lembaga lainnya.

Adapun Tugas Utama Manajer

Nah untuk lebih mendalami, kita juga harus mengetahui beberapa tugas manajer. Tugas utama seorang manajer keuangan meliputi:

Perencanaan Keuangan

Membuat strategi jangka panjang dan pendek untuk mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan.

Pengelolaan Anggaran

Menetapkan dan mengawasi anggaran agar pengeluaran sesuai dengan rencana dan tidak melampaui batas yang ditetapkan.

Pengelolaan Investasi

Mengelola portofolio investasi untuk memaksimalkan pengembalian dengan mempertimbangkan tingkat risiko yang sesuai.

Manajemen Likuiditas

Memastikan ketersediaan dana yang cukup untuk memenuhi kewajiban finansial yang terjadi dalam jangka pendek.

Pengelolaan Risiko

Mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko finansial yang mungkin timbul, seperti risiko pasar, kredit, dan operasional.

Dalam konteks perusahaan, manajer keuangan juga bertanggung jawab kepada pemegang saham untuk menyajikan laporan keuangan yang akurat dan transparan. Mereka juga berperan dalam merencanakan strategi keuangan yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.

Pentingnya peran manajer keuangan menekankan perlunya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kuat dalam bidang keuangan, serta kemampuan untuk membuat keputusan yang bijaksana untuk mencapai tujuan finansial yang diinginkan.

Mengapa Harus ada Manajer dalam Perusahaan?

Setelah kita mengetahui tugas-tugas dari manajer, kita pun tahu bahwa di sebuah perusahaan terdapat banyak sekali tugas yang harus dijalankan oleh perusahaan, semuanya tidak akan bisa dilaksanakan oleh ownernya saja, pasti membutuhkan tim atau dalam hal ini karyawan, terutama di bidang keuangan.

Nah orang yang mengatur keuangan di perusahaan, bisa dibilang ia berposisi sebagai manajer keuangan perusahaan. Berapa penting? Sangat penting, baik dalam hal menganalisis keuangan, hingga memutuskan strategi setelah diadakan evaluasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *