7 Tips Menjadi Penulis Novel yang Berpenghasilan

Posted on
=

Soninfo.id – Jangan pernah menyerah dengan segala hal, terutama belajar menulis. Karena skill menulis bisa membuat kita berpenghasilan di saat dibutuhkan. Kala kita terhimpit soal keuangan yang semakin sulit, alternative paling mentok adalah bekerja serabutan.

Namun bagi Anda seorang emak-emak yang tidak bisa meninggalkan rumah ataupun anak-anak, bekerja jarak jauh dengan menulis adalah jalan ninja paling baik. Adapun beberapa tips mendapatkan pemghasilan lewat menulis novel, sudah kami rangkum pada artikel ini.

7 Tips Menulis Novel yang Menghasilkan

Nggak perlu galau, dan nggak perlu risau. Jika keuangan Anda semakin menipis, tetapi punya bakat menulis novel, coba simak tipsnya di bawah ini:

Rutin Menulis Sebagai Bentuk Latihan dan Portofolio Karya

Jadwalkan waktu untuk menulis secara rutin agar dapat meningkatkan keterampilan menulis dan mempercepat progres novel Anda.

Lakukan Riset Sebelum Berkarya

Lakukan riset yang mendalam untuk mendukung detail dan keaslian cerita Anda. Hal ini agar tulisan Anda runut, enak dibaca dan logis jika dipikir, bukan hanya sekadar khayalan, tetapi masih masuk di pikiran para pembaca.

Ikuti Trend Pasar Agar Tulisan Anda Cepat Mendapat Pembaca

Pahami tren pasar dan preferensi pembaca saat ini untuk meningkatkan potensi penjualan novel Anda. Jika asal membuat, tetapi khalayak ramai tidak suka, maka pembaca akan memilih novel atau tulisan lainnya yang lebih menarik.

Bangun Platform Penulis

Gunakan media sosial atau blog untuk membangun platform sebagai penulis, yang dapat membantu mempromosikan karya Anda.

Misalnya buat akun khusus di facebook yang diberikan nama sesuai dengan judul novel, atau membuat blog khusus untuk tulisan-tulisan Anda dan lain sebagainya.

Jangan Lupa Aktif Gabung Komunitas Penulis

Bergabung dengan komunitas penulis untuk mendapatkan dukungan, umpan balik, dan saran dari sesama penulis. Di mana mereka ini bisa menjadi pengkritik agar karya Anda jadi lebih baik, atau saling support dikala karya Anda banyak yang menolak, atau saling memberikan tips terbaiknya.

Kirim Karya ke Penerbit atau Self-Publishing

Pilih jalur publikasi yang sesuai dengan tujuan Anda, apakah melalui penerbit tradisional atau self-publishing. Maksudnya apa sih?

Menjual karya bisa di mana saja, termasuk mencoba peruntungan melalui diterbitkan ke beberapa penerbit yang ada di Indonesia. Baik jalur sefl atau menerbitkan mandiri, bisa juga lewat mayor, diterbitkan ke penerbit nasional yang tentunya butuh ngantri tapi semuanya gratis, Anda hanya tinggal mengambil keuntungan beberapa persen dari hasil penjualan.

Jalin Koneksi

Bangun jaringan dengan profesional industri buku, editor, dan penulis lainnya untuk mendapatkan peluang lebih lanjut.

Itu saja beberapa tips yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *