7 Tips Hemat Uang Saat Terdesak, Ini Dia

Posted on
=

Soninfo.id – Keuangan memang menjadi perkara pelik, di saat kehidupan terus saja berlanjut, namun masalah keuangan belum teratasi. Hidup butuh makan, hidup butuh beli keperluan yang wajib, seperti air untuk minum, untuk mandi, dan membeli sesuatu yang lain yang bersifat urgent.

Ada saatnya Anda terdesak dan tidak bisa berpikir jernih di saat keuangan terpuruk. Namun jika itu terjadi, mari kita coba tips di bawah ini, 7 tips hemat uang di saat kondisi terdesak:

1. Buat Anggaran Prioritas

Identifikasi kebutuhan mendesak dan alokasikan dana untuk itu terlebih dahulu, seperti makanan, tagihan listrik, dan kebutuhan esensial lainnya.

Dengan membuat data prioritas, mengaitkan keuangan hanya untuk keperluan mendesak, akan membuat kita semakin mudah dalam menjalankan hidup, meski masih saja kekurangan. Tapi paling tidak, tidak sampai kelaparan.

2. Cari Diskon dan Promo

Manfaatkan diskon, promo, atau cashback saat berbelanja. Gunakan aplikasi atau kartu loyalitas untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Solusi yang kedua ini, memang terasa menggelikan bagi sebagian orang, tapi untuk kalangan orang yang terdesak keuangan, bahkan untuk ibu-ibu, ini normal kok.

3. Jual Barang Tidak Terpakai

Temukan barang di rumah yang tidak lagi dibutuhkan dan jual secara online. Ini dapat memberikan tambahan uang yang berguna.

Cara yang ketiga, cara yang paling mudah agar kebutuhan terdesak bisa segera teratasi, ada barang yang tidak berguna, daripada ditampung di rumah mending dijadikan uang dan bisa untuk kebutuhan kita sehari-hari.

4. Hemat Energi

Matikan peralatan listrik dan elektronik yang tidak digunakan untuk mengurangi tagihan listrik. Gunakan lampu hemat energi dan perangkat elektronik dengan efisiensi energi tinggi.

5. Masak di Rumah

Hindari makan di luar dan masak di rumah untuk menghemat pengeluaran. Beli bahan makanan dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

Baca Juga :   Cara Masuk Jurusan Akuntansi S1, Yuk Pelajari!

6. Transportasi Publik atau Berkendara Hemat

Pertimbangkan untuk menggunakan transportasi publik atau berkendara hemat bahan bakar jika memungkinkan, daripada menggunakan transportasi pribadi yang mahal

7. Cari Pekerjaan Sampingan

Jika memungkinkan, cari pekerjaan sampingan atau proyek lepas untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Nah itu dia tips paling jitu, agar kebutuhan terdesak segera terpenuhi, semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *